WANITA DAN MENSTRUASI

Kamis, Maret 14th 2013. | Kesehatan Wanita
WANITA DAN MENSTRUASI
wanita dan menstruasi
Menstruasi/ haid adalah siklus hormonal normal yang dilalui oleh seorang wanita. Setiap bulan seorang wanita rutin mendapatkan tamu “bulanan” nya atau haid. Siklus haid tersebut diatur oleh interaksi yang komples dari beberapa kelenjar endokrin reproduksi yang terdiri dari hipotalamus, hipofisa, ovarium dan endometrium. Beberapa fase yang dilalui dalam siklus haid adalah sebagai berikut: 
fase siklus haid
1.    Fase proliferasi, berlangsung hari ke 5- 14. Pada fase ini terjadi pematangan folikel di ovarium dan didominasi oleh hormon estrogen, dan terjadi pembentukan lapisan fungsionalis.
2.    Fase transformasi, berlangsung hari ke 14-21. Persiapan ovum untuk dibuahi didominasi oleh progesterone.
3.    Fase Sekresi: Berlangsung hari ke 21-28. Terjadinya penurunan kadar estrogen dan progesteron
4.    Fase Menstruasi: Berlangsung hari ke 1-5. Penurunan kadar progesteron menyebabkan lapisan fungsionalis endometrium lepas dan dikeluarkan, yang disebut menstruasi
Beberapa hari sebelum terjadi haid, biasanya akan ditandai dengan keluhan seperti  tidak enak badan, pusing-pusing, perut kembung, letih atau mudah tersinggung dan mungkin merasakan tekanan didaerah pinggul. Pada umumnya gejala hilang ketika haid dimulai.
wanita dan menstruasi
Perlindungan selama haid sangat penting karena pada saat haid pembuluh darah dalam rahim sangat mudah terkena penyakit infeksi. Apabila kebersihan alat kelamin tidak dijaga, kuman akan mudah masuk melalui kemaluan, mulut rahim dan masuk kealiran darah melalui pembuluh darah di dinding rahim yang dapat menimbulkan penyakitpada saluran reproduksi.
Maka perlu diperhatikan hal-hal berikut ini dalam menjaga kebersihan diri seorang wanita selama menstruasi/haid, yaitu:
1.    Mengganti pembalut secara rutin. Beberapa sumber menyarankan tiap 2-4 jam pembalut hendaknya diganti dengan yang baru karena cairan yang tertampung dalam pembalut akan menyebabkan kelembaban tinggi yang disukai kuman serta mencegah iritasi dari penggunaan pembalut yang terlalu lama.
2.    Bersihkan dan keringkan  organ intim wanita (Miss V) dengan baik sebelum mengaplikasikan pembalut yang baru.
3.    Biasakan mencuci tangan dengan benar sebelum atau sesudah memegang organ intim.
4.    Kenakan busana yang nyaman dan tidak terlalu ketat.
tags: ,