PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN JERAWAT

Selasa, Juli 28th 2015. | Jerawat, Kesehatan Wanita

Pencegahan dan Pengobatan Jerawat

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pencegahan dan pengobatan jerawat, maka perlu kita ketahui apa yang disebut dengan jerawat.

pencegahan dan pengobatan jerawatSecara umum jerawat adalah suatu penyakit kulit yang terjadi akibat peradangan pada pori-pori yang disebabkan adanya kotoran yang menyumbat (komedo) saluran minyak dikulit yang mengandung bakteri penyebab infeksi.

Secara umum ada 2 macam sumbatan (komedo) yang menyebabkan jerawat yaitu:

  1. Blackhead (komedo terbuka), tampak seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo ini berwarna kehitaman karena teroksidasi oleh udara dan menghitam karena penumpukan debu dan kotoran.
  2. Whitehead (komedo tertutup), berada di balik lapisan kulit ari yang tersumbat kotoran dan lemak, tampak seperti benjolan kecil-kecil di bawah kulit, berupa kumpulan minyak dan lemak kulit yang mengeras berwarna putih atau kekuningan.

Biasanya, komedo muncul di area T (dahi, hidung, dan dagu), juga di bawah mata dan pipi. Jangan menghilangkan komedo dengan cara memencetnya, karena malah akan merangsang jerawat-jerawat yang akan memperparah kondisi wajah, bahkan bisa menyebabkan infeksi/bernanah. Komedo muncul akibat dari kurang membersihkan wajah sehingga masih terdapat kotoran, debu dan sisa make up di wajah, mengakibatkan tertutupnya pori pori wajah sehingga bermunculanlah komedo terutama diarea T wajah, yaitu dahi dan hidung yang produksi minyaknya banyak.

Bentuk jerawat pada umumnya seperti bisul kecil yang ukurannya bisa sangat berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya. Jerawat tentu saja sangat mengganggu penampilan seseorang, apalagi jika jerawat tersebut masih baru pasti akan terasa perih.

Macam-macam jerawat dan bentuknya antara lain :

1. Papula (Benjolan Merah)
Papula memiliki karakteristik gundukan merah, sedikit meradang, namun tidak memiliki puncak karena belum penuh dengan nanah. Komedo yang tidak diobati dapat memburuk menjadi papula ketika dinding kelenjar yang terinfeksi meletus, sehingga memungkinkan campuran sebum dan bakteri menembus kulit di sekitarnya. Ketika sel-sel darah putih masuk ke kelenjar yang meletus untuk melawan infeksi, terjadi peradangan. Jika tidak diobati, papula dapat memperburuk menjadi pustula.

2. Pustula (Benjolan Merah Dengan Puncak Putih)
Ketika papula tidak diobati selama beberapa hari, akumulasi sel darah putih secara bertahap bergerak ke permukaan kulit. Pustula memiliki ciri-ciri memiliki noda di bagian tepi, meradang berwarna kemerahan dan bagian tengahnya berwarna kekuningan atau putih. Pustula sebenarnya merupakan standar dari istilah cara menghilangkan jerawat yang banyak disebutkan orang.

3. Nodul dan Kista
Jerawat yang sampai menimbulkan benjolan dan kista yang besar di bawah permukaan kulit ini lebih parah daripada jenis sebelumnya. Peradangan umum ditemui pada jerawat jenis ini dan juga menyakitkan jika disentuh. Nodul dan kista terbentuk ketika sebuah folikel meradang meletus di bawah kulit. Campuran sebum akibat peradangan kemudian menyebar ke seluruh folikel di sekitarnya dan menginfeksi pori-pori di sekitarnya.

4. Jerawat  Conglobata
Jerawat conglobata lebih sering terjadi pada laki-laki daripada perempuan pada usia 18-30 tahun. Penampilan fisiknya sering ditandai dengan benjolan yang meradang, besar, saling menyambung dan tetap aktif selama bertahun-tahun. Jerawat ini paling sering ditemukan pada wajah, dada, punggung, pantat, lengan atas dan paha.
Kondisi ini biasanya dimulai dengan komedo yang memperburuk menjadi jerawat nodul dan kista. Nodul dan kista tersebut kemudian dapat terus pecah dan terhubung sehingga menciptakan lesi yang berulang. Jika tidak diobati, jerawat conglobata dapat menyebabkan kerusakan kulit yang tak dapat dihilangkan.

5. Jerawat Fulminans
Jerawat fulminans juga dikenal sebagai jerawat ulseratif akut dan terjadi jika pengobatan jerawat conglobata tidak berhasil. Individu yang terkena akan mengalami rasa sakit dan peradangan pada sendi ditambah dengan masalah kulit akibat jerawat conglobata. Pembengkakan kelenjar getah bening di leher, penurunan berat badan ekstrim dan kekakuan otot dapat terjadi.
Pada titik ini, sangat penting untuk mencari pengobatan medis, bahkan mungkin merlukan rawat inap. Jerawat fulminans juga dianggap sebagai penyakit yang dipicu oleh gangguan sistem kekebalan tubuh.

Penyebab Jerawat

Penyebab jerawat memang sangat beragam, akan tetapi secara umum dapat dikelompokkan menjadi beberapa antara lain:

1. Penyebab Jerawat karena Kosmetik
Pemilihan kosmetik yang salah bisa membuat kulit berjerawat. Misalnya, memakai bedak atau foundation yang bertekstur creamy atau two way cake. Penyebab lainnya, tidak membersihkan wajah setelah memakai kosmetik dan membersihkan wajah menggunakan produk beralkohol tinggi. Saran dokter untuk menggunakan bedak tabur atau kosmetik mineral. Untuk pembersih wajah, gunakan yang memiliki kandungan pH seimbang. Dan ini sangat penting untuk cara mmenghilangkan jerawat.

2. Penyebab Jerawat karena Hormon
Hormon berperan sangat besar dalam pembentukan jerawat. Maka tidak heran, ketika menjelang haid kulit sering muncul jerawat, karena pada saat itu hormon tidak seimbang. Segera lakukan dengan cara menghilangkan jerawat tersebut.

3. Penyebab Jerawat karena Gaya Hidup
Gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu faktor timbulnya jerawat. Orang yang suka minum alkohol, perokok, kurang istirahat dan stres, bisa meningkatkan hormon androgen.

4. Penyebab Jerawat karena Makanan
Penyebab ini sebetulnya masih kontroversi. Banyak penelitian hasilnya tidak konsisten, ada yang bilang berhubungan ada yang bilang tidak berhubungan. Tapi menurut saya, itu tergantung dari individual masing-masing yang memang pada setiap kali makan makanan tertentu mereka jadi jerawatan, maka dihindari aja makanan tersebut. Contoh makanan yang dapat menimbulkan jerawat: kudapan yang mengandung lemak tinggi seperti daging, produk susu (susu, yoghurt, keju), beberapa jenis kacang dan makanan dengan kadar gula tinggi (es krim dan coklat). Hindari sebelum anda perlu tahu cara menghilangkan jerawat.

5. Penyebab Jerawat karena Genetik
Faktor genetik, yang merupakan faktor turunan dari orangtua. Ketika orangtuanya berjerawat, maka aktivitas kelenjar minyak si anak menjadi lebih produktif, sehingga jerawat akan sangat mudah timbul pada anda. Menurut dokter, faktor keturunan itu biasanya lebih sulit diobati.

6. Penyebab Jerawat karena Mikroorganisme
Jerawat timbul karena bakteri. Bakteri yang masuk ke dalam tubuh lewat jaringan kulit. Bakteri tersebut kemudian mengeluarkan racun yang bisa membunuh sel-sel baik di sekitarnya. Sehingga dapat menumbuhkan jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat

Menurut saya cara ini baik untuk mengatasi jerawat yang belum timbul adalah dengan melakukan facial wajah. Facial pada umumnya dilakukan selama dua bulan sekali. Namun facial ini rasanya sakit, tetapi hanya ini cara untuk menghilangkan jerawat pada wajah tanpa meninggalkan bekas luka di wajah. Namun jika anda tidak ingin kesakitan karena facial, anda dapat melakukan perawatan dengan mengompres jerawat menggunakan mentimun yang sudah diiris tipis. Mentimun yang dingin dikompreskan setiap malam supaya radang pada jerawat dapat segera sembuh dan menghilang.

Cara ini biasanya efektif untuk Anda yang berkulit normal, namun untuk kulit yang berminyak atau kering biasanya kurang efektif. Mungkin Anda sudah bosan dengan berbagai macam obat jerawat maupun berobat kepada ahlinya, sehingga akhirnya Anda membiarkan saja jerawat merayap di wajah Anda. Nah untuk itu kami punya berita yang cukup menggembirakan mengenai ramuan pengobatan jerawat secara alami.

Ramuan Alami Untuk Pengobatan Jerawat

Berdasarkan ilmu pengetahuan kami selama mengikuti pendidikan kefarmasian, kami mengenal beberapa simplisia tumbuh-tumbuhan asli Indonesia yang sangat efektif untuk mengobati jerawat. Dari berbagai tanaman yang berkhasiat itu kami ramu dengan cara tradisional dalam bentuk minyak obat jerawat yang sudah kami coba sendiri dan kepada teman-teman kami dan hasilnya sangat memuaskan karena jerawat kami benar-benar sembuh walaupun ada beberapa yang membekas karena sebelumnya kami pencet-pencet sendiri dengan tangan yang tidak higienis.

Bagi Anda yang mungkin pengin mencoba karena sudah bosan berobat dan tidak kunjung sembuh, kami akan berikan kepada Anda secara cuma-cuma (hanya mengganti ongkos kirim saja). Bagi yang berminat silahkan hubungi lewat info@artikelfarmasi.com atau sms di nomer 081548030790.

tags: , , ,