Software Untuk Pengelolaan Obat Puskesmas

Sabtu, Agustus 29th 2015. | managemen obat

Software Untuk Pengelolaan Obat Puskesmas

Pengalaman kami selama menjadi pengelola obat dan perbekalan publik puskesmas memang agak ribet karena banyaknya administrasi yang harus kita kerjakan dari mulai dropping obat dari Gudang farmasi sampai dengan pembuatan LPLPO.

software pengelolaan obat puskesmas
Memang secara bagan alur kalau digambarkan sangat singkat akan tetapi Anda pastinya merasakan bahwa diri Anda sebagai pengelola obat adalah orang tersibuk diantara petugas lainnya. Bila teman-teman kita sudah santai setelah pelayanan maka kita masih sibuk melidi atau entri data pemakaian obat tiap hari sehingga sering pulang paling telat…ha..ha..ha.. Tapi itulah tanggung jawab serta pengabdian kita kepada masyarakat, maka dari itu harus kita terima dengan bangga dan penuh semangat walaupun dapat tunjangan sedikit..hiks…hiks…tetap bersyukur deh.
Dari pengalaman kami ini akhirnya kami membuat sendiri software untuk pengelolaan obat puskesmas. Sebenarnya ini bukan software deh karena hanya berupa data-data yang kami buat dan rangkum sendiri dan bisa dikerjakan secara manual dengan microsoft excel 2007 keatas tetapi setelah kami bagi pada teman-teman pengelola obat lainnya katanya sangat membantu dan mempersingkat waktu serta irit buku dan kertas (kalau tidak dicetak) karena bisa diarsipkan sebagai file PDF.

Software ini beda dengan simpus karena di simpus itu merupakan data global dan khusus obat hanya berupa catatan pemakaian dari puskesmas induk saja serta tidak bisa melihat stok gudang, stok di pustu dan PKD, dll. Maka dari itu kami sengaja membuat sendiri berdasarkan kesulitan yang ada di lapangan.
Rencana software ini akan kami bagikan kepada Anda secara cuma-cuma untuk kelancaran pengelolaan obat dimasing-masing puskesmas Anda.
Bagi yang minat Anda bisa kirimkan nama-nama obat yang ada di LPLPO, nama-nama PUSTU/PKD serta pelayanan lainnya dan jenis-jenis resep, misal resep bayar, BPJS, Askes, Jamkesda, Gratis dsb. Untuk Puskesmas induk data akan lengkap dari Stok gudang, pemakaian harian serta bulanan, dan data pustu/pkd lengkap dengan stok sisa serta pemakaiannya.
Jadi kita yang melakukan pengelolaan obat di puskesmas induk bisa memantau pemakaian obat dan bisa memberikan bon obat sesuai kebutuhan di masing-masing pkd/pustu karena data secara otomatis kita tahu pemakaian dan jumlah lembar resep yang disana.

Oke deh sekian dulu posting kami semoga ini bisa membantu kita dalam menjalankan profesi maupun sebagai pelayan masyarakat. Mohon maaf bila respon kami lama karena memang kesibukanlah penyebabnya jadi harap maklum ya.

tags: , ,