Berpuasa Sehat Tanpa Obat

Jumat, Juni 10th 2016. | Diabetes melitus, Tips sehat

Berpuasa Sehat Tanpa Obat

puasa sehat tanpa obatBulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam dikarenakan pada bulan ini kita diperintahkan oleh Allah untuk menjalankan ibadah puasa.

Namun bagi sebagian orang ada yang menganggap bulan puasa merupakan bulan berat karena banyak yang takut akan penyakit kambuhannya, makanya banyak orang terpengaruh dengan iklan di media kalau puasa harus mengkonsumsi “obat” ini dan itu agar puasa kita tidak terganggu.
Padahal kalau kita sikapi dengan baik justru puasa akan dapat menyembuhkan berbagai penyakit “kambuhan” yang banyak ditakutkan oleh sebagian orang.

Nah untuk kali ini kami akan berikan beberapa tips menjalani puasa tanpa “obat” ini dan itu yang hanya akan berpengaruh pada pikiran kita untuk terus mengkonsumsinya.

Ada 2 faktor penting dalam hal melaksanakan ibadah puasa, pertama adalah keimanan dan kedua adalah perilaku atau pola hidup kita.

1. Faktor Keimanan

Puasa ditujukan khusus untuk orang-orang yang beriman (menurut kitab suci Alquran) Jadi kalau kita sudah meyakininya tantangan apapun selama puasa pasti akan bisa kita hadapi.

a. Midset yang salah
Keimanan merupakan faktor utama yang harus kita ‘mindset’ kan dalam pikiran kita. Kadang mindset kita sudah negatif duluan, seperti misalnya puasa disamakan dengan ‘telat makan’ nah mindset kita sejak dulu kalau telat makan akan kena sakit maag.

Nah ini yang sering ditanamkan baik oleh orang tua dan orang-orang pada umumnya dari dulu, sehingga sudah menjadi kebiasaan kita berfikiran seperti itu.

Padahal pada jaman dahulu banyak orang-orang yang bertapa sampai berhari-hari dan tidak mati kan? Karena menurut Nabi bukan makan 3xsehari yang dianjurkan, tapi makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Artinya kita tidak boleh berlebihan dalam makan, maka makan seharipun kita akan tetap sehat. Akan tetapi jaman sekarang memang susah karena godaan perut terutama makanan ada dimana saja, tapi kalau mindset kita bisa kita atur semuanya akan bisa kita lalui dengan baik.

b. Pengalihan pikiran
Tidak perlu jadi pesulap bila ingin mengalihkan pikiran kita. Berlatihlah tiap hari agar kita bisa melakukannya dengan baik. Pengalihan pikiran memang sangat diperlukan, makanya ada istilah “tidur itu ibadah” bila berpuasa. Dari pada kita banyak memikirkan hal-hal yang bisa membatalkan puasa, sebaiknya alihkan pikiran kita untuk bisa istirahat atau tidur. Perut kosong tidurnya susah, kata siapa? Coba anda baringkan diri di tempat tidur atau lantai rumah (biar lebih adem) tarik napas panjang lewat hidung dan keluarkan lewat mulut sampai beberapa kali setelah rasa panas tubuh berkurang cobalah pejamkan mata untuk istirahat.

2. Perilaku atau Pola hidup kita

Cobalah rubah pola hidup dan perilaku kita seperti :
a. Minum air yang cukup
Dianjurkan minum yang manis meskipun hanya segelas teh hangat. Selanjutnya dilanjutkan dengan minum air putih yang cukup, karena ketika puasa tubuh akan kehilangan banyak cairan sehingga menyebabkan dehidrasi. Karenanya ketika kita sahur atau berbuka disarankan untuk cukup mengkosumsi air minum. Tidak disarankan minum air putih yang banyak karena akan mengganggu ibadah kita lainnya. Cukup 2 gelas berbuka dan segelas untuk sahur. Untuk minuman manis (teh manis) bisa segelas berbuka dan segelas untuk sahur. Ini aman untuk kita walaupun kita terkena kencing manis.

b. Konsumsi buah dan sayur
Buah dan sayur sangat membantu kita banyak energi, maka dari itu harus kita konsumsi secukupnya, ingat makan sebelum lapar berhenti sebelum kenyang.

c. Jalani sunah puasa
Saat berpuasa kita dianjurkan untuk makan sahur pada saat mendekati waktu imsak dan berpuka sesegera mungkin setelah matahari terbenam, sementara itu kita juga disunahkan untuk berbuka dengan makanan yang manis seperti kolak atau kurma. Nah, sebaiknya kita menjalani semua sunnah-sunnah tersebut karena menurut penelitian semua anjuran-anjuran tersebut danpaknya cukup baik bagi kesehatan anda.

d. Tidur yang cukup
Selama bulan Ramadhan biasanya seseorang cenderung lebih banyak beraktivitas pada malam hari seperti menjalankan shalat Tarawih yang diteruskan dengan Tadarus Alquran. Maka dari itu ubahlah pola hidup kita untuk bisa beristirahat yang cukup pada siang hari sehabis kita kerja.

e. Memilih menu sehat
Langkah yang tepat untuk tetap bugar pada saat berpuasa adalah dengan membuat daftar menu sehat untuk sahur dan berbuka. Menu yang akan anda buat tentunya menu yang terdiri dari makanan yang memiliki gizi dan serat yang tinggi, tujuannya agar kebutuhan gizi anda tetap terpenuhi dengan baik selama berpuasa. Hindari makanan berlemak dan mengkonsumsi air dingin.

f. Olahraga ringan
Jalan kaki merupakan salah satu olah raga ringan yang bisa kita lakukan sebelum berbuka atau setelah subuh.

Demikian tips berpuasa tanpa obat dari kami semoga bermanfaat untuk Anda dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

tags: ,