DILEMA KOLESTEROL ANTARA DIBUTUHKAN DAN DITAKUTI

Minggu, Juni 19th 2016. | Kolesterol, Tips sehat

Dilema Kolesterol, Antara Dibutuhkan dan Ditakuti

Dilema kolesterol antara dibutuhkan dan ditakuti – Kolesterol memiliki peran penting dalam tubuh diantaranya adalah untuk membantu proses pembentukan bentuk sel-sel sehat dalam tubuh seperti dalam pembentukan hormon dan asam empedu.

kolesterol tinggiFungsi kolesterol yang lainnya adalah :

1. Membentuk hormon seks
2. Membentuk hormon korteks adrenal yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan metabilsme dan kadar garam dalam tubuh.
3. Membantu perkembangan jaringan otak dan syaraf
4. Sebagai pembungkus dan pelapis jaringan syaraf dan membran sel
5. Memproduksi vitamin D yang bermanfaat bagi kesehatan tulang dalam tubuh
6. Sebagai bahan pembentukan asam garam, empedu yang berfungsi untuk meningkatkan pembuangan lemak dalam tubuh
7. Memperkuat jaringan sel-sel yang ada dalam tubuh sehingga fungsi organ-organ pada tubuh dapat berfungsi secara lebih optimal.

Melihat fungsi kolesterol yang penting seperti diatas dapat kita simpulkan bahwa kolesterol memang diperlukan oleh tubuh kita.

Apa itu kolesterol?

Menurut wikipedia Kolesterol adalah senyawa yang erat kaitannya dengan lemak, karena kolesterol sendiri termasuk kedalam keluarga lemak. Namun meskipun demikian, bentuk dari kolesterol ini tidak sama dengan lemak, kolesterol sendiri bentuknya menyerupai lilin berwarna kekuningan (waxy steroid). Kolesterol dapat ditemukan pada setiap sel yang ada dalam tubuh dan juga berperan penting dalam proses pembentukan organ-organ penting dalam tubuh.

Jenis-Jenis Kolesterol

Kolesterol di dalam tubuh dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan jumlah dan perbedaan faktor penyusunnya (kolesterol, protein dan trigliserida).

1. Kolesterol LDL
Kolesterol LDL ( Low Density Lipoprotein). Merupakan jenis kolesterol yang memiliki jumlah kolesterol terbanyak jika dibandingkan dengan protein dan trigliserida. Kolesterol LDL sendiri berperan sebagai menyebarkan kolesterol yang diproduksi oleh sel hati ke jaringan-jaringan tubuh lain.

2. Kolesterol VLDL
Kolesterol VLDL (Very Low Density Lipoprotein) adalah kolesterol yang memiliki jumlah trigliserida paling terbanyak ketimbang protein dan kolesterol, jenis kolesterol ini memiliki sifat seperti kolesterol LDL namun sebagain besar penyusunnya adalah triglseida, dan juga merupakan salah satu jenis lemak yang ada dalam darah.

3.Kolesterol HDL
Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) merupakan jenis kolesterol yang memiliki jumlah protein paling banyak dibanding trigliserida dan juga kolesterol. Kolesterol jenis ini dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh dan biasa disebut sebagai kolesterol baik.

Dalam keadaan normal atau stabil, kolesterol memiliki banyak fungsi dalam tubuh. Tetapi jika kadar kolesterol dalam tubuh meningkat / tidak stabil, maka dapat menjadi penyebab timbulnya berbagai masalah atau penyakit serius misalnya diabetes melitus dsb.

Gejala-gejala jika kadar Kolesterol Anda tidak normal

  1. Sering kesemutan di tangan dan kaki
    Bila anda sering mengalami kesemutan harap hati-hati jangan-jangan anda sudah mengidap penyakit kolestrol tinggi. Kesemutan disebabkan oleh adanya bagian saraf dalam tubuh yang tidak teraliri darah. Dan hal tersebut juga merupakan salah satu gejala yang dialami oleh penderita kolesterol tinggi pada umumnya. Maka dari itu, jangan meremehkan kesemutan.
  2. Pegal dibagian Tengkk dan Pundak
    Bila sering mengalami pegal di bagian tengkuk dan pundak merupakan gejala yang diakibatkan oleh tidak lancarnya aliran darah pada bagian tubuh tertentu termasuk tengkuk dan pundak. Dan tidak lancarnya aliran darah tersebut biasanya karena tersumbat oleh kolesterol yang kadarnya melebihi batas normal.
  3. Merasa Pusing pada tengkuk/kepala bagian belakang
    Merupakan penyakit yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah disekitar kepala oleh kolesterol yang lama-kelamaan bisa pecah dan menyebabkan penyakit mengerikan yaitu penyakit stroke.
  4. Sering Pegal di Tangan dan Kaki
    Tidak melakukan aktivitas berat tapi sering merasa pegal? bisa jadi itu adalah gejala kolesterol tinggi. Sama halnya dengan pegal di bagian tengkuk dan pundak, rasa pegal di tangan dan kaki juga disebabkan oleh adanya penyumbatan pembuluh darah oleh tumpuka kolesterol.
  5. Rasa sakit seperti tertusuk, di bagian dada sebelah kiri
    Mungkin anda pernah merasakan rasa sakit seperti tertusuk di daerah dada sebelah kiri. Hal tersebut dikarenakan adanya penyumbatan pembuluh darah yang ada disekitar jantung dan pada kasus lebih parahnya, hal tersebut juga dapat menyebabkan serangan jantung.

Hal-hal yang mempengaruhi Kolesterol tinggi

1. Pola Makan yang Tidak Sehat
Misalnya terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh seperti jeroan, keju, jenis makanan yang dimasak dengan cara digoreng, dsb.

2. Merokok
Salah satu bahaya rokok adalah dapat menyebabkan kolesterol tinggi, karena rokok dapat menurunkan kadar HDL atau lemak baik dalam tubuh secara perlahan tapi pasti. Maka dari itu, jika anda adalah seorang perokok yang ingin terhindar dari resiko kolesterol tinggi, salah satunya adalah dengan berhenti merokok sekarang juga.

3. Berat Badan Berlebihan / Obesitas
Sebagain besar dari penderita kolesterol tinggi adalah orang yang memiliki badan gemuk atau bahkan obesitas, karena dalam tubuh mereka terjadi penumpukan lemak yang menyebabkan meningkatnya kadar trigliserida yang dapat menurunkan kadar HDL / lemak baik dalam tubuh. Untuk menghindari resiko ini, setidaknya anda harus mulai mengontrol pola hidup dan pola makan anda, salah satu solusi terbaiknya dalah dengan menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan belebih, sehingga dapat mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh.

4. Kurang Aktivitas Fisik
Orang yang memiliki banyak aktivitas per harinya, biasanya akan lebih sehat dibandingkan dengan orang yang hanya diam bermalas-malasan, tahu mengapa? karena saat seseorang banyak bergerak, telah terjadi pembakaran lemak LDL dalam tubuh, dan meningkatkan kadar lemak HDL. Begitupun sebaliknya, tubuh yang tidak banyak bergerak memungkinkan untuk terjadi peningkatan LDL yang akan menyebabkan menurunnya kandungan HDL / lemak baik dalam tubuh.

5. Faktor Genetika/Keturunan
Untuk faktor penyebab yang satu ini, memang sulit untuk dikontrol. Orang yang punya riwayat keluarga yang mengidap penyakit kolesterol tinggi biasanya memiliki peluang lebih besar terkena kolesterol tinggi. Jika dokter menyataka anda mengalami kolestrol tinggi, sebaiknya anda cari tahu terlebih dahulu, apakah ada salah satu anggota keluarga anda yang menderita kolesterol tinggil? jika ya, maka faktor penyebab penyakit anda adalah karena faktor keturunan.

6. Jenis Kelamin dan Usia
Jenis kelamin dan usia seseorang juga turut menentukan penyebab kolesterol tinggi. Pada umumnya kolesterol tinggi lebih banyak dialami oleh pria yang sudah berusia 40 tahun keatas, sedangkan untuk wanita biasanya bagi mereka yang sudah memasuki tahap menopause.

Demikian dilema kolesterol antara dibutuhkan dan ditakuti, untuk menghindari kolesterol yang tinggi sebaiknya yang perlu dijaga adalah menghindari penyebabnya seperti diatas (kecuali faktor no. 6) disamping itu menghindari stress dan minum kopi secara berlebihan juga perlu dihindari.

tags: ,