BAU MULUT JANGAN ANGGAP REMEH

Jumat, Juli 1st 2016. | Halitosis, Kesehatan Wanita

Bau Mulut Jangan Anggap Remeh

bau mulut Bau mulut (halitosis) merupakan sesuatu hal yang sangat merendahkan diri kita, apalagi bila anda mengalami masalah ini secara terus menerus. Hal ini tentu sangat mengganggu dalam pergaulan kita.

Secara umum bau mulut disebabkan oleh 2 faktor, yaitu:
1. Faktor eksternal, misal makanan, udara buruk
2. Faktor internal, karena Penyakit, dll

Faktor eksternal penyebab bau mulut

Faktor eksternal yang sering kita jumpai adalah makanan yang bisa menyebabkan bau mulut, seperti jengkol, petai, bawang, dll. Bisa juga disebabkan karena kita jarang sekali membersihkan gigi sehingga sisa-sisa makanan di gigi akan diuraikan dengan bakteri yang ada di mulut dan hal ini akan menyebabkan bau mulut.

Mulut kering (misal saat berpuasa) juga bisa menyebabkan bau mulut karena bakteri akan berkembang lebih cepat bila mulut dalam keadaan kering.

Cara mengatasinya :

  • Menyikat gigi secara teratur minimal dua kali sehari. Jika diperlukan kita bisa menyikat gigi setiap setelah beraktifitas atau setelah makan.
  • Membersihkan lidah secara teratur untuk mengurangi perkembangan bakteri dan sisa makanan yang ada di lidah dengan cara menyikatnya secara perlahan dan lembut.
  • Menghindari makanan yang dapat menyebabkan nafas tidak sedap, seperti contoh diatas yaitu petai, bawang, jengkol,dsb.
  • Tidak merokok karena dapat merusak gusi dan meninggalkan noda pada gigi.
  • Berkumurlah dengan mouthwash yang mengandung kandungan anti bakteri untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap gigi.

Bau mulut ini bersifat sementara dan bisa hilang asalkan kita rajin membersihkan gigi dan mulut kita.

Faktor internal penyebab bau mulut

Faktor penyebab bau mulut secara internal antaara lain:

a. Masalah hidung dan tenggorokan

Penyebab bau mulut dapat juga berkaitan dengan hidung dan tenggorokan. Zat asing yang terjebak di hidung bisa mengakibatkan infeksi sinus yang menyebabkan keluarnya cairan dari sinus melewati tenggorokan sehingga akan menimbulkan bau busuk. Disamping itu juga infeksi tenggorokan seperti tonsilitis bisa mengakibatkan bau mulut.

b. Masalah dalam lambung

Batas antara lambung dan esofagus terdapat katup yang hanya membuka kearah lambung. Kalau terjadi hiatal hernia atau penyakit Refluks Gastro Esofageal (asam lambung balik ke esofagus dan baliknya gas ke mulut) bisa menyebabkan bau mulut.

Lambung merupakan sumber bau napas yang tak sedap. Masalah yang terdapat dilambung dapat meningkatkan asam lambung sampai naik ke mulut dan menimbulkan abu tidak sedap pada mulut seseorang jika sedang berbicara atau bernapas. Gas atau substansi dari lambung yang balik ke esofagus merupakan indikasi problem kesehatan seperti refluks.

c. Menstruasi

Wanita dalam masa haid (menstruasi) dapat mengalami bau mulut
(Holitosis) yang disebabkan karena sekresi air ludah dalah mulut
berkurang sehingga akibat kekacauan endokrin yang pada kenyataanya
menguntungkan pertumbuhan kuman anaerob, yang sehingga holitosis sudah pasti akan terjadi.

d. Masalah gigi

Masalah pada gigi penyebab bau mulut antara lain :

1. Karies (gigi berlubang)
Keries gigi adalah suatu penyakit yang merupakan interaksi dari 4 faktor yaitu : Host (penjamu), Agent (penyebab), Environment (lingkungan) dan Time (waktu) yang menghasilkan kerusakan pada jaringan keras gigi yang tidak bisa pulih kembali yaitu email, sementum, dan dentin.

Gigi yang terserang karies (rusak atau berlubang) dapat menjadi salah satu sumber bau mulut. Lubang pada gigi tersebut dapat menjadi penyimpanan makanan yang menjadi sarang kuman yang cepat memperoleh media untuk proses makanan serta menjadi tempat kuman memperoleh media untuk proses pembusukan dan berkembangbiak. Bau dari sakit gigi berlubang secara langsung dapat dirasakan sendiri oleh individu yang bersangkutan, namun ada cara mengatsi bau mulut menyengat yang bisa dilakukan cara sendiri.

2. Plak
Plak adalah suatu deposit lunak yang terdiri atas kumpulan bakteri yang berkembangbiak diatas suatu matrik yang terbentuk dan melekat erat pada permukaan gigi apabila seseorang mengabaikan kebersihan gigi da mulutnya.

3. Behel
Kebersihan mulut yang tidak baik dapat menyebabkan terjadinya holitosis misalnya karena sisa sisa makanan yang menempel dan sulit dibersihkan terutama pada gigi berbehel.

e. Penyakit Kronis lainnya

Penyakit-penyakit kronis ini juga bisa menyebabkan bau mulut seperti : infeksi paru-paru, diabetes melitus, liver dan ginjal,dsb.

Demikian sedikit artikel mengenai bau mulut dan penyebabnya, setelah kita baca apakah kita akan anggap remeh bau mulut itu?

tags: ,