CEGAH DISMINORE DENGAN JAMU KUNYIT ASAM

Minggu, November 27th 2016. | Tips sehat, Tradisional

Cegah Disminore Dengan Jamu Kunyit Asam

Jamu kunyit asam atau dalam bahasa Jawa ‘kunir asem’ merupakan ramuan tradisional masyarakat Indonesia (terutama masyarakat suku Jawa) yang sudah turun temurun.

jamu kunyit asamTerutama untuk kalangan kaum wanita jamu kunyit asam secara empiris sudah digunakan manfaatnya untuk pencegahan siklus haid yang tidak teratur atau untuk mengatasi nyeri haid (disminore).

Zat Berkhasiat Dalam Ramuan Jamu Kunyit Asam

Zat berkhasiat apakah yang terdapat dalam jamu kunyit asam tersebut sehingga dipercaya dapat mencegah dismenore?
Sesuai dengan namanya jamu kunyit asam dibuat dari bahan utama berupa rimpang/akar kunyit dan buah asam (biasanya juga ditambah dengan daun sirom atau daun asam jawa yang masih muda).
Kandungan dari jamu kunyit asam itu sendiri ialah terdapat zat kurkumin yang sangat tinggi, selain itu juga mengandung vitamin C, minyat atsiri, protein, karbohidrat dan beberapa mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi.

Secara ilmiah mulai terungkap bahwa kunyit memiliki kemampuan mendorong hati supaya lebih menghasilkan empedu pemecah lemak, dan asam jawa mampu memacu denyut jantung agar peredaran darah menjadi lancar.
Jadi, kombinasi kunyit dengan asam jawa akan lebih mempermudah proses metabolisme tubuh (peredaran darah lancar, lemak terbuang, dan oksigen segar mudah mengalir dalam tubuh).

Khasiat lain jamu kunyit asam atau kunir asem (bahasa Jawa) disamping rasanya yang segar, juga dipercaya mampu menjaga badan agar tetap sehat dan mengurangi kegemukan jika diminum secara teratur. Kandungan kurkumin (warna kuning pada kunyit) efektif dalam mencegah dan memperbaiki luka lambung. Minyak asirinya berkhasiat sebagai anti inflamasi.

Membuat Sendiri Ramuan Jamu Kunyit Asam

Untuk saat ini ramuan jamu kunyit asam sudah tersaji secara instan dan bisa anda beli di toko-toko terdekat. Tapi untuk sebagian masyarakat Jawa Tengah lebih menyukai untuk membuat sendiri ramuan Jamu kunyit asam ini.
Berikut bahan-bahan dan langkah pembuatannya :

250 gr kunyit
50 gr asam jawa
125 gr gula jawa
50 gr gula pasir
garam secukupnya
air matang secukupnya

Langkah-langkah pembuatan

Rendam asam jawa dengan air hangat sampai larut, saring dan sisihkan.
Kupas kunyit, parut, campur dengan air matang, saring, dan sisihkan.
Rebus gula jawa dan gula pasir sampai larut, saring dan sisihkan.
Campur asam jawa, kunyit, larutan gula, garam. Aduk rata. Cicipi rasanya hingga pas. Simpan di kulkas atau sajikan dengan es batu.

Setelah dingin jamu siap diminum. Semoga khasiat jamu kunyit asam untuk mencegah dismenore bermanfaat untuk Anda.

tags: