PELUANG PEKERJAAN BAGI LULUSAN FARMASI

Jumat, Januari 13th 2017. | Pekerjaan

Peluang Pekerjaan Bagi Lulusan Farmasi

pekerjaan lulusan farmasiSecara umum untuk lulusan farmasi mempunyai peluang yang bagus untuk bekerja sebagai seorang yang profesional dibidangnya, karena lulusan farmasi harus bersertifikasi apabila ingin menjalankan pekerjaan sesuai dengan profesinya, serta harus ikut dalam wadah organisasi profesi tersendiri yang menampung dan memberikan informasi serta tempat untuk bernaung dalam profesinya sebagai tenaga farmasi.

Bagi Anda lulusan SMK Farmasi, DIII Farmasi dan S1 Farmasi mempunyai wadah organisasi profesi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) sedangkan untuk anda lulusan profesi apoteker mempunyai wadah organisasi Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

Disini kami tidak akan membahas untuk lulusan Apoteker karena mereka sudah mempunyai tempat pekerjaan yang sangat luas (hampir seluruh pekerjaan kefarmasian baik itu instansi pemerintah atau swasta harus mempekerjaan apoteker sebagai penanggungjawabnya).
Untuk lulusan DIII Farmasi juga mempunyai peluang pekerjaan sebagai profesi Tenaga Teknis Kefarmasian yang luas juga baik itu di instansi pemerintah maupun swasta.

Nah untuk adik-adik yang sekarang masih bersekolah di SMK Farmasi maupun lulusannya serta teman-teman yang dulu lulusan SMF (Sekolah Menengah Farmasi) atau SAA (Sekolah Asisten Apoteker) menurut Undang-undang No. 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan, apabila tidak melanjutkan jenjang pendidikan setara DIII (tidak kuliah lagi sampai lulus DIII Farmasi) akan dijadikan Asisten tenaga kesehatan dan tidak mendapatkan hak sebagai Tenaga Teknis Kefarmasian.

Nah..lho..dan rencananya semua STRTTK (Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian) bagi lulusan dibawah DIII semuanya berakhir pada tahun 2020.
Makanya adik-adik yang masih berminat untuk bekerja sebagai TTK ayo mulai kuliah lagi biar tetap mempunyai sertifikasi, dan bagi yang sudah PNS dan bekerja di unit pelayanan kesehatan Pemerintah seperti Puskesmas dan Rumah sakit tentunya biar jatah poin penerimaan JKN nya tidak terjun bebas dari 60 poin ke lewel 15 poin, hahahahaha…

Tapi bagaimanakah peluang pekerjaan kita walaupun kita hanya lulusan SMK Farmasi atau lulusan SMA lainnya? Jangan kuatir, apabila kita “think smart” atau berpikir cerdas peluang mencari uang lewat internet sangatlah banyak, kunci utama senangilah pelajaran Bahasa Inggris (kalau perlu les privat) atau les ke Kampung Inggris (cek di google ya) Ada teman saya yang les privat bahasa Inggris di Kampung Inggris langsung bekerja di Kapal pesiar, 5 tahun bekerja sudah punya apotek sendiri dan kemudian dia sekolah lagi ke DIII farmasi untuk TTK di apoteknya sendiri.

Banyak juga perusahaan farmasi yang masih menerima anak-anak SMK Farmasi sebagai MR (Medical Representatif) dan mereka bersaing dengan lulusan sarjana umum juga lho, karena ada kemampuan lain seperti tadi yaitu bisa ngomong Inggris, disamping kemampuan dasarnya di bidang farmasi.

Pekerjaan lain kalau mengerti bahasa Inggris menjadi Freelance sebagai penerjemah (translation) anda bisa mendaftar ke situs-situs freelance seperti gurudotcom, upworkdotcom, dll. Dikomunitas ini banyak sekali teman-teman kami yang masih SMU sudah mendapatkan pekerjaan sebagai freelance dan bisa untuk biaya kuliah sendiri.

Saya sendiri sekarang disamping PNS saya menekuni dunia IT, lumayanlah kalau ada komputer puskesmas rusak atau jaringan internet yang trouble saya bisa menanganinya. Disamping itu saya menekuni dunia blogger termasuk saya bisa membuat website ini karena belajar dan senang membaca mengenai dunia ngeblog. Dari blog-blog yang saya buat ada yang sudah bertelor mendapatkan pasive income dari internet (pokoknya lumayan bisa buat tambahan untuk beli susu anak saya)

Dan dari berinteraksi dengan teman di sosial media yang punya hobi sama ternya memang mata saya terbuka lebar bahwa dunia internet itu banyak sisi manfaatnya, banyak peluang pekerjaan yang mungkin sebagai orang awam tidak pernah tahu, yang penting harus “think smart” agar bisa memilah-milah mana yang bermanfaat dan mana yang tidak.

Pesan moral kami tetaplah semangat walaupun anda kehilangan kesempatan belajar ke jenjang yang lebih tinggi pekerjaan apapun asal kita mengerjakannya dengan ikhlas akan membawa berkah keberhasilan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan belajar karena dengan belajar akan terbuka mata dan hati kita untuk bergerak dan akhirnya bisa bekerja (bekerja bukan berarti kita harus jadi karyawan atau punya kantor, bekerja bisa dari rumah sendiri)

Dan apabila adik-adik semua menjadi sukses di dunia freelance pasti akan lebih menyenangkan dibandingkan kerja nyata sebagai karyawan.

tags: