KAMUS KEFARMASIAN BAGIAN 2

Rabu, Februari 1st 2017. | Ilmu Farmasi, Kamus dan Istilah, Kamus Kefarmasian

Kamus Kefarmasian Bagian 2

Kamus kefarmasian bagian kedua yang kami sajikan dari  situs bina kefarmasian Kemkes RI

kamus kefarmasian bagian 2

Blood Count Jumlah sel darah putih dan darah merah per unit volume darah.
Boraks bahan pembersih (antiseptik; zat pembantu melelehkan zat padat) yg berupa hablur (kristal) berwarna kuning atau serbuk berwarna cokelat.
Brakikardia kondisi di mana detak jantung melemah yaitu kurang dari 60 denyut per menit.
Bronkitis Radang bronkus/saluran napas
Bronkodilator alat yang dapat memperlebar lubang saluran napas yg menyempit ketika seseorang mendapat serangan asma.
Bulimia penyakit merasa lapar yang berlebihan dan ingin selalu makan
CAPD (Continuous ambulatory peri-toneal dialysis) Dialisis peritonial kontinyu.
COPD (Chronic Obstructive Pulmonary Disease) Penyakit paru-paru obstruktif kronik.
COX (Cyclooxygenase) Enzim Siklooksigenase. Enzim ini berperan untuk mengubah asam arakidonat menjadi prostaglandin pada proses inflamasi.
CSF (Cerebrospinal Fluid) Cairan jernih yang ada pada ruang subaraknoid dan sistem ventrikular di sekitar dan di dalam otak.
CVP (Central Venous Pressure) Tekanan darah pada vena kava toraks, dekat dengan atrium kanan jantung.
Cairan Asites Akumulasi cairan pada rongga perut (peritonium). Meski penyebab umumnya adalah sirosis atau sakit liver yang lainnya, akumulasi ini mungkin disebabkan oleh keadaan medik lainnya.
Candida Genus jamur menyerupai ragi yang umumnya merupakan bagian dari flora normal mulut, kulit, saluran pencernaan, dan vagina, namun dapat menyebabkan berbagai infeksi.
Capsulae Sediaan berupa serbuk yang diisikan dalam cangkang kapsul atau berupa sediaan cairan, setengah padat yang dibungkus dengan kapsul dasar.
Cara Distribusi Alat Kesehatan yang Baik (CDAKB) pedoman yang digunakan dalam rangkaian kegiatan distribusi dan pengendalian mutu yang bertujuan untuk menjamin agar produk alat kesehatan yang didistribusikan senantiasa memenuhi persyaratan yang ditetapkan sesuai tujuan penggunaannya.
Carcinoma/Karsinoma Pertumbuhan sel yang ganas yang terdiri dari sel-sel epitel yang cenderung untuk menginfiltrasi jaringan sekitarnya dan menimbulkan metastatis.
Cardiomyopathy suatu penyakit primer pada otot jantung tanpa adanya penyebab yang diketahui.
Castration pembuangan testes atau ovarium.
Cat’s Claw Nama lain untuk Uncaria tomentosa,yaitu spesies yang tumbuh di hutan hujan Amazon.Tanaman ini mengandung alkaloid dan mempunyai efek medik seperti tanin dan fitokimia lainnya.Beberapa senyawa dari tanaman ini mempunyai efek sebagai anti inflamasi, anti oksidan dan anti kanker.
Cito Segera
Cofactor Elemen atau bahan seperti koenzim, dimana suatu factor lain harus bersatu dengannya untuk dapat berfungsi.
Collutoria Larutan pekat dalam air yang mengandung bahan deodoran,antiseptika,anestetika local atau astringen.
Collyria Sediaan berupa larutan steril, jernih, bebas jarah asing, isotonus, digunakan untuk membersihkan mata. Dapat ditambahkan zat dapar dan zat pengawet.
Confusion orientasi yang terganggu dalam waktu, tempat, atau orang yang kadang-kadang disertai gangguan kesadaran.
Congestion adanya jumlah cairan abnormal pada pembuluh atau jalan masuk dari suatu organ atau bagiannya; terutama, cairan darah yang disebabkan oleh peningkatan influx atau hambatan aliran baliknya.
Corpumonale Kelainan jantung yang ditandai dengan hipertropi ventrikel kanan akibat penyakit paru-paru.
Costovertebral Berkenaan dengan suatu iga atau vertebrata.
Countershock suatu kejutan arus langsung berintensitas tinggi yang dialirkan ke jantung untuk menghentikan fibrilasi ventrikel dan mengembalikan aktivitas listrik yang sinkron.
Crepitus Crepitus tulang: bunyi gemeretak yang ditimbulkan dengan menggesekkan fragmen-fragmen tulang yang patah.
Cyanosis Perubahan warna kulit menjadi agak kebiru-biruan, yang disebabkan konsentrasi hemoglobin tereduksi yang berlebihan pada pembuluh darah di permukaan kulit.
Cytochrome/Sitokrom Merupakan senyawa yang mengandung hem yang terikat pada protein, berperan pada pernapasan sel, dibedakan menurut gugus prostetiknya misalnya a, b, c, d dan P450.Contoh : CYP2A6, CYP 2B6, CYP289, CYP2D6, CYP2E1, CYP3A4
D5W Larutan dekstrosa 5% dalam air.
DNA (Deoxyribonucleic acid) Asam deoksiribonukleat yaitu asam nukleat yang mengandung informasi genetik yang berguna untuk perkembangan semua makhluk hidup.
DOTS (Directly Observed Treatment Shortcourse) Strategi yang digunakan dalam pengendalian atau penanggulangan penyakit TB melalui peningkatan diagnosis TB dengan pemeriksaan dahak secara mikroskopis, pengobatan dengan Pengawasan Menelan Obat (PMO), kesinambungan persediaan obat anti TB jangka pendek dengan mutu terjamin serta pencatatan dan pelaporan secara baku untuk memudahkan pemantauan dan evaluasi program penanggulangan TB.
Deionisasi Menghapus ion terlarut dari larutan dengan melewatkan larutan melalui unggun resin pertukaran ion, terdiri dari manik-manik polimer bahwa ion hidrogen pertukaran kation dan ion hidroksil dalam larutan untuk anion. Kotoran ionik tetap terikat pada resin dan hidrogen dan ion hidroksil menggabungkan dengan satu sama lain untuk membentuk air.
Delirium Berubahnya kesadaran secara patologis diikiuti amnesia,disorientasi,bingung,delusi. Halusinasi, ide gila diikuti gejala fisik ikutan seperti tremor,demam dan berkeringat.
Demensia penurunan fungsi mental.
Depersonalisasi Perubahan persepsi diri sendiri sehingga sensasi terhadap suatu kenyataan menjadi hilang atau berubah untuk sementara; merupakan manifestasi neurosis atau penyakit jiwa yang lain atau juga dapat dalam bentuk ringan pada orang yang normal.
Depresi Gangguan jiwa yang ditandai rasa yang abnormal
Depuratif pembersih darah

Sumber : kemkes.binfar.go.id

tags: